• Lukas 12:8-9 Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah.

  • Sahabat-Ku yang terkasih, Aku mengasihimu (Yohanes 15:9). Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku (Yesaya 43.1). Sebelum Aku menciptakan engkau, Aku telah mengenal engkau. Dan sebelum engkau lahir, Aku telah menguduskan engkau (Yeremia 1:5). Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu (Yohanes 15:16). Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu (Yeremia 31:3). Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia (Yesaya 43:4).

  • MENGENAL FIRMAN TUHAN : Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. ( II Timotius 3:16-17 )

  • Yesus berkata : " Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan babtislah mereka dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Ku-perintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir jaman " ( Mat. 28:19-20 ).

PENGERTIAN ALLAH TRITUNGGAL






Disebut RUANGAN

jika ADA PANJANG dan ADA LEBAR dan ADA TINGGI

Jika TIDAK ADA PANJANG maka tidak akan dikatakan RUANGAN..!!

Jika TIDAK ADA LEBAR maka bukanlah dikatakan RUANGAN..!!

Jika TIDAK ADA TINGGI maka tidak akan dikatakan RUANGAN..!!

ADA PANJANG...
ADA LEBAR...
ADA TINGGI...
TERDIRI DARI 3 (Tiga) BAGIAN namun SATU-KESATUAN yang disebut RUANGAN..!!!

Begitu juga ALLAH
ADA BAPA
ADA ANAK
ADA ROH KUDUS
TERDIRI DARI 3 (Tiga) PRIBADI namum SATU-KESATUAN yang disebut ALLAH...!!!



Akankah saudara2ku
MAMAHAMI ALLAH YANG TAK TERBATAS DAN TAK TERSELAMI OLEH AKAL LOGIKA MANUSIA YANG TERBATAS INI,.... namun mari kita coba mengurai RAHASIA ALLAH TRITUNGGAL tersebut...!!!





TRITUNGGAL SEBAGAI ALLAH YANG ESA


TRITUNGGAL IMAN KRISTIANI, tidaklah sama sekali dalam pengertian bahwa ada tiga wujud ALLAH yang ber-integrasi menjadi satu seperti saudara2ku bayangkan dan memaksakan pengertiannya.

ALLAH TRITUNGGAL bagi ajaran agama Kristen tidaklah sama sekali bermakna bahwa agama Kristen itu mempercayai adanya 3 (Tiga) Allah bersatu..!

TIDAK! Sama sekali tidak menganut paham iman Ke-Tiga Allah-an sebagaimana yang sering disangkakan oleh saudara2ku yang tidak bisa mau menerima pengertian dan pemahaman yang sebenarnya.!

Wujud ALLAH itu ESA ==> SATU2NYA TIDAK ADA YANG LAIN LAGI..!!
Penyebutan ALLAH TRITUNGGAL sama sekali tidak memperkosa Iman Tauhid Kristiani (MENG-ESAKAN ALLAH) itu..
Ke-Esa-an ALLAH adalah mutlak, tidak boleh diperkosa, tidak boleh diganggu keberadaannya, tetap utuh, tidak berubah. Kalau begitu, dari manakah sumbernya dalil dan dogma ALLAH TRITUNGGAL yang ESA itu.

DALIL dan dogma, tidak boleh lepas dari nats Alkitab. Demikianlah dogma TRITUNGGAL haruslah berdasarkan landasan Alkitab yang meyakinkan.

Sumbernya, baiklah kita baca saja kita baca saja Kitab Kejadian 1:1-3 berbunyi demikian:

1. Pada mulanya ALLAH MENCIPTAKAN langit dan bumi.

2. Bumi belum berbentuk dan kosong, gelap gulita, menutupi samudra raya, dan ROH ALLAH melayang-layang di atas permukaan air.

3. BERFIRMANLAH ALLAH “Jadilah terang” 


Dalam nats ini jelas nampak ke-TRITUNGGAL-an ALLAH itu, yakni:

TIGA yang dimaksudkan DALAM ALLAH YANG ESA ini ADALAH FUNGSIONAL ALLAH atau ke-wibawaan KUASA ALLAH yang telah diuraikan dalam Kitab Kejadian 1:1-3 yaitu:

Pertama: ALLAH itu sendiri sebagai PENCIPTA.
Kuasa ALLAH sebagai pencipta, oleh Perjanjian Baru digambarkan sebagai Oknum BAPA (Matius 11:25 “Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepadaMu BAPA, TUHAN langit dan bumi”)

Kedua: ROH KUDUS melayang-layang bermakna bahwa ALLAH memberkati (memberi hidup) segala ciptaanNya. Roh Allah, dalam Perjanjian Baru disebut oleh Yesus sebagai Roh Kebenaran atau Roh Kudus. (Lihat dan baca Yohanes 14:16, 26). Selanjutnya Kuasa Allah ini digambarkan sebagai Oknum Rohulkudus.

Ketiga: ALLAH BERFIRMAN.
Semenjak manusia diciptakan, Allah berfirman kepada umat manusia melalui wahyu kepada para nabi. Wahyu yang para nabi terima adalah dalam pelbagai cara, antara lain mimpi, penglihatan, pendengaran dan perasaan. Wahyu yang mereka terima itu dinamakan FIRMAN. Akhirnya Allah berfirman lewat Yesus, Firman itu sendiri menjadi daging dalam kehidupan Yesus, sehingga Yesus dikatakan juga sebagai FIRMAN HIDUP (1Yohanes 1:1). Istilah kata Firman itu berubah penyebutan istilahnya, yaitu menjadi istilah Anak Allah (Yohanes 1:14). Penyebutan Anak Allah, bukanlah dalam pengertian biologis melainkan dalam pengertian analogi FIRMAN.
Firman Allah atau Anak Allah.

Kuasa Allah berfirman dalam bentuk Firman Hidup ini, selanjutnya disebut Oknum Anak.

Penyebutan Oknum Bapa, dan Oknum Anak, dan Oknum Roh Kudus, tidaklah sama menunjukan Tiga Oknum yang terpisah satu sama lainnya. Karena yang disebut Bapa, maupun Anak, maupun Roh Kudus itu adalah ALLAH itu sendiri.

Penyebutan yang berbeda, hanya merupakan perbedaan aktivitas Allah itu saja:

Aktivitas Allah Mencipta, disebut Bapa.

Aktivitas Allah Berfirman, disebut Anak.

Aktivitas Allah memberi pertolongan, memberi Taufik dan Hidayah, disebut Roh Kudus.


RUMUSAN ALLAH TRITUNGGAL dikenal dengan sebutan 1 = 3 dan 3 =1 Tidaklah diartikan atau dipahami secara matematika, melainkan dalam pengertian Theologi.

Pengertiannya sebagai berikut:
1 = 3, bermakna bahwa SATU wujud Allah; dalam TIGA Kodrat Kuasa aktivitas, yaitu:
(1) Mencipta
(2) Berfirman
(3) Membimbing (memberi taufik dan hidayaht)


3 = 1, bermakna bahwa TIGA oknum Ilahi, yang disebut Bapa, Anak dan Roh Kudus, ada dalam SATU wujud Allah Yang Maha-Kuasa dan Maha-Esa itu.



Berikut ini semoga saja dapat menjelaskan dan diterima makna rumusan ini:
Si Budi, mempunyai kuasa berfikir.
Juga si Budi itu mempunyai kuasa berbicara.
Selain itu juga memiliki kuasa menulis. 

Tiga aktivitas si Budi (Yaitu: berfikir, berbicara dan menulis) ini 
adalah SATU orang yang mengatakan:
Si Budi berfikir; dengan “Otak”
Si Budi berbicara; dengan “Mulut”
Si Budi menulis; dengan “Tangan”
Namun Si Budi itu SENDIRI hanya SATU, BUKAN tiga. ( 1 = 3 )


Ada TIGA Fungsi Si Budi,
yaitu daya kuasanya yaitu: Otak, Mulut dan Tangan, satu sama lainnya berbeda fungsi aktivitasnya namun SATU SAMA LAIN TIDAK TERPISAHKAN, BERADA DI DALAM tubuh si Budi. Ini bermakna: 3 = 1.


Demikian juga dengan ALLAH,
BAPA adalah PIKIRAN
ANAK adalah FIRMAN
ROH KUDUS adalah KUASA / LENGAN ALLAH


Dan memang ALLAH itu tampak memiliki 3 OKNUM / PRIBADI secara terpisah dan berbeda yaitu 
ALLAH BAPA
ALLAH ANAK
ALLAH ROH KUDUS

Ketiga PRIBADI ILAHI ini, nampak memiliki keterpisahan di pandangan mata kita,....tetapi sebenarnya MEREKA adalah SATU-KESATUAN,....HANYA SEOLAH-OLAH TERPISAH, NAMUN SATU ADANYA.....

BAPA punya KEPRIBADIAN-NYA sendiri, DIA duduk di atas tahta.....
ANAK punya KEPRIBADIAN-NYA sendiri, DIA duduk di sebelah kanan BAPA...
ROH KUDUS punya kepribadian sendiri, DIA nampak BAGAIKAN OBOR di hadapan tahta ALLAH....

Kelihatan terpisah,....tetapi sebenarnya MEREKA adalah SATU-KESATUAN,....HANYA SEOLAH-OLAH TERPISAH....


itulah sebabnya YESUS katakan Jika kamu telah melihat AKU,maka kamu telah melihat BAPA,....karena AKU dan BAPA adalah SATU,...AKU di dalam BAPA dan BAPA di dalam AKU,....begitu juga ROH KUDUS....MEREKA HANYA SEOLAH-OLAH TERPISAH.....
di alam yang lebih tinggi (DUNIA TUHAN,DUNIA ABSOLUT) KEADAAN-NYA ADALAH DEMIKIAN.....TIDAK ADA PEMISAHAN SAMA SEKALI.....

Teori terbaru yang di temukan para ahli tentang Mekanika Kuantum di katakan bahwa di dunia kuantum segala sesuatu adalah satu, tidak ada pemisahan sama sekali antara subyek dan obyek, antara si A dan si B.....


Pada waktu Jennifer Perez di bawa ke sorga, dia melihat KEBERADAAN TUHAN seperti ini :

Bapa dihadapan saya, Tak dapat saya melihat wajahNya, karena KemuliaanNya, sangat besar, berkilau, bercahaya dan bersinar diseluruh Surga. KemuliaanNya membuat segala isi surgawi bersinar. Tiada matahari, bulan, dan bintang, Dialah terang itu. 
Saya telah melihat tubuhNya, dan tubuhNya ada bersama anakNya, mereka ada didalam keduaNya, Mereka Satu tubuh, Mereka bersama, anda melihat mereka terpisah, Tetapi mereka satu didalam satu tubuh, mereka bersatu.
(NERAKA ITU NYATA, SAYA PERNAH DISANA !!! Oleh Jennifer perez )

Itulah kesaksian dari Jeninifer Perez pada waktu dia melihat bahwa ALLAH itu ternyata SATU,....mereka BERSATU DALAM SATU TUBUH,.....tetapi bisa tampil TERPISAH,....
inilah yang tidak di pahami oleh penentang ALLAH TRITUNGGAL,....
inilah yang tidak di pahami oleh penentang KETUHANAN YESUS,....
inilah yang tidak di pahami oleh orang2 islam,....
inilah yang tidak dipahami oleh orang2 diluar iman kristen, di luar ROH KUDUS,....sebab hanya oleh ROH KUDUS, orang2 dapat mempercayai bahwa ALLAH itu ESA, tetapi memiliki TIGA PRIBADI......yang TIGA ini, HANYALAH SEOLAH-OLAH TERPISAH, namun sebenarnya TIDAK TERPISAH SAMA SEKALI.....


berikutnya kita akan melihat ASAL-USUL TUHAN itu bagaimana sih,....sehingga bisa ADA BAPA, ADA ANAK & ADA ROH KUDUS,...!!!
Dalam pembahasan berikutnya...!


Semoga penguraian ini semakin menjadi jelas makna ALLAH TRITUNGGAL sesuai dengan Iman Kristen yang sebenarnya.


Terima Kasih..GOD BLESS !!!

1 komentar:

dx mengatakan...

SUNGGUH MENGUATKAN IMAN SAYA

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © Inspirasi Hidup. Original Concept and Design by My Blogger Themes | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards