* Kisah 4:36 Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus WH, iôsêph {YUSUF} de {ADAPUN} o {(yang)} epiklêtheis {DIPANGGIL JUGA} barnabas {BARNABAS} apo {OLEH} tôn{(itu)} apostolôn {RASUL-RASUL} o {YANG} estin {BERARTI} methermêneuomenon {BILA DITERJEMAHKAN} uios {ANAK} paraklêseôs {PENGHIBURAN} leuitês {SEORANG LEWI} kuprios {ORANG SIPRUS} tô genei {MENURUT KELAHIRAN}
BARNABAS, dari kata BAR, yang berarti ‘anak’, dan kata NABAS, mungkin berhubungan dengan kata NEWAHA, Aram, yang berarti ‘perdamaian’ atau ‘penghiburan’. Lukas tidak bermaksud memberikan etimologi ilmiah, tetapi menunjukkan watak orang itu. Kita menjumpai dia sebagai parekaleidalam Kisah 11:23. * Kisah 11:23 Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan os {YANG} paragenomenos {TELAH DATANG} kai {DAN} idôn {TELAH MELIHAT} tên charin {ANUGERAH} tou theou {ALLAH} echarê {BERSUKACITA} kai {DAN} parekalei {MENASEHATI} pantas {SEMUA} tê prothesei {(setia)} tês kardias {HATINYA} prosmenein {TETAP} tô kuriô {KEPADA TUHAN}
Seorang pakar sejarah A Deissmann menyamakan nama itu dengan BARNEBOUS (dari bahasa Aram barnebo, putra Nebo) seperti terdapat pada tulisan-tulisan Siria; Tapi Lukas menyatakan bahwa para rasul-lah yang memberikan julukan itu, dan tidaklah mungkin mereka memberikan nama yang menunjuk kepada dewa kafir. Barnabas berasal dari keluarga imam Yahudi-Siprus, tapi Yohanes Markus dari Yerusalem adalah kemenakannya (Kolose 4:10), dan dia sendiri adalah anggota dari gereja di Yerusalem, yang menjual miliknya (barangkali di Siprus) untuk menjadi milik umum (Kisah 4:36 dab). Klemen dari Aleksandria menyebut dia seorang dari ke-70 (Hipo 7; Stromateis 2.20, 116). Naskah barat mengenai Kisah 1:23 mensejajarkan dengan Yusuf, calon rasul itu. Tapi kemudian Lukas menulis dalam Kisah 4:14 dan Paulus dalam 1 Korintus 9:6 sesuai isinya) menganggap dia adalah seorang rasul. ‘Orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan Iman’ demikian Lukas menulisnya dalam :
* Kisah 11:24 karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. oti {SEBAB} ên {IA ADALAH} anêr {ORANG} agathos {BAIK} kai {DAN} plêrês {DIPENUHI} pneumatos {ROH} agiou {KUDUS} kai {DAN} pisteôs {IMAN} kai {MAKA} prosetethê {DIBAWA} ochlos {MASSA} ikanos {LUMAYAN (banyak)} tô kuriô {KEPADA TUHAN}
Paling kurang pada 4 peristiwa kemurahan hatinya, kebijakan rohaninya, dan kehormatan orang kepadanya berdampak positif :
(a) Sewaktu Saulus yang telah bertobat datang ke Yerusalem, tapi orang kristen disana menganggapnya ‘mata-mata’, Barnabas-lah yang memperkenalkan dia kepada ‘tokoh utama’ rasul dan meyakinkan mereka tentang pertobatan dan kesungguhannya :
* Kisah 9:27 Tetapi Barnabas menerima dia dan membawanya kepada rasul-rasul dan menceriterakan kepada mereka, bagaimana Saulus melihat Tuhan di tengah jalan dan bahwa Tuhan berbicara dengan dia dan bagaimana keberaniannya mengajar di Damsyik dalam nama Yesus. Bandingkan dengan * Galatia 1:18 Lalu, tiga tahun kemudian, aku pergi ke Yerusalem untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya
(b) Barnabas-lah yang mewakili para rasul di Antiokhia pada pertama kalinya orang-orang non-Yahudi dalam jumlah besar menerima Injil; orang-orang dari Siprus juga berperan disitu (Kisah 11:19 dab). Gerakan ini dilihatnya sebagai pekerjaan Allah dan sebagai suasana yang tepat bagi Saulus yang telah dilupakan. Ia mendatangkan Saulus untuk ikut bekerja. Waktu mereka datang di Yerusalem dan membawa bantuan bagi orang yang kelaparan, panggilan mereka untuk mengabarkan Injil kepada non-Yahudi diakui (Galatia 2:9). Tetapi Barnabas tidak mampu menandingi petrus: ia kalah terhadap desakan pen-Yahudi-an: ‘bahkah Barnabas’ tidak mau makan bersama non-Yahudi di Antiokhia (Galatia 2:13) * Galatia 2:9 Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat; * Galatia 2:13 Dan orang-orang Yahudi yang lain pun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.
(c) Jasa besar Barnabas yang ke tiga, menunjukkan, bahwa ia dengan segenap hati menerima orang-orang non-Yahudi karena iman kepada Kristus (bandingkan dengan Kisah 13:46). Perjalanannya dengan Paulus (Kisah pasal 13 dan 14) mulai di tempatnya sendiri, Siprus. Ini mendampakkan adanya suatu mata rantai gereja yang kebanyakan jemaatnya adalah non-Yahudi. Mata rantai itu jauh sampai ke Turki, dan menjadi sasaran tantangan yang hebat dari umat Yahudi.
* Kisah 13:46 Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.
Bagi gereja dan Barnamas, hal itu adalah langkah penting. Sampai waktu itu ia adalah pemimpin, Paulus muridnya. Urutan yang selalu dipegang oleh Lukas sampai mereka meninggalkan Siprus adalah ‘Barnabas dan Saulus’. Sesudah itu ia biasa mengatakan ‘Paulus dan Barnabas’ (lihat Kisah 13:43, 46,50; Kisah 15:2, dua kali, 22, 35). (d) Tapi Barnabas mempunyai tugas penting yang lain.
Setelah ia kembali di Antiokhia, ihwal sunat menjadi masalah yang sangat mendesak. Ia dan Paulus ditugasi untuk mempermasalahkan sunat pada Majelis di Yerusalem. Kebijakan mereka dengan gemilang dibernarkan (Kisah 15:1-29). Menarik sekali bahwa Barnabas mendahului Paulus, baik dalam serita tentang kejadian dan perkembangannya (ayat 12) maupun dalam surat Majelis (ayat 25 bandingkan dengan ayat 22); mungkin kata-kata dari perwakilan rasul yang pertama di Antiokhia, adalah lebih berbobot bagi kebanyakan anggota Majelis. Barnabas mendesak untuk mengikutsertakan Markus, yangs ebelumnya meninggalkan mereka, pada perjalanan kedua yang direncanakan.
Paulus menolak, dan perjalanan terbagi dua, Barnabas ke Siprus (Kisah 15:26-40). Kesaksian-kesaksian Paulus kemudian dapat berarti bahwa Markus mendapat manfaat waktu bekerja dibawah kemenakannya. Kerjasama yang erat telah pecah tetapi persahabatannya tidak. ’Kapanpun Paulus menyebut Barnabas, kata-katanya selalu mengandung simpaty dan hormat’.
Dalam hal azas dan pekerjaan mereka sama, dan kita tidak tahu betapa banyak Paulus menerima dari Barnabas. Waktu surat 1 Korintus ditulis,Barnabas masih hidup, dan ia seperti Paulus; tetapi tidak seperti banyak rekannya mencari nafkahnya sendiri dan tidak minta dari gereja-gereja (1 Korintus 9:6). Sesudah ini hanya ada tradisi-tradisi yang samar-samar yang menghubungkan dia dengan Roma dan Aleksandria.
Namanya dihubungkan dengan surat yang anonim yang berasal dari Aleksandria, tapi jelas palsu. Surat Ibrani sering disangka dari Barnabas ini, sedikit-sedikitnya sejak zaman tertulianus dan ia dianggap penulis 1 Petrus oleh AC McGiffert (Christianity in the Apostolic Age, 1897 p 593). Namanya muncul dalam daftar martir yang kemudian. Ada pula buku yang disebut Injil Barnabas, adalah dari abad pertengahan (+ antara abad XIII s/d XVI) untuk kepentingan Agama Islam.
0 komentar:
Posting Komentar