• Lukas 12:8-9 Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah.

  • Sahabat-Ku yang terkasih, Aku mengasihimu (Yohanes 15:9). Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku (Yesaya 43.1). Sebelum Aku menciptakan engkau, Aku telah mengenal engkau. Dan sebelum engkau lahir, Aku telah menguduskan engkau (Yeremia 1:5). Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu (Yohanes 15:16). Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu (Yeremia 31:3). Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia (Yesaya 43:4).

  • MENGENAL FIRMAN TUHAN : Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. ( II Timotius 3:16-17 )

  • Yesus berkata : " Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan babtislah mereka dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Ku-perintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir jaman " ( Mat. 28:19-20 ).

BARNABAS




RASUL BARNABAS  Nama kedua Yusuf, penginjil dari zaman Perjanjian Baru (PB) yang sangat penting. Laporan dari Lukas yang mencatatnya dalam Kisah Para Rasul 4:36, menafsirkannya ‘anak penghiburan’, ‘seorang yang menghibur atau menegur’ (bandingkan dengan ‘anak damai’ Lukas 10:6): 
 * Kisah 4:36 Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus WH, iôsêph {YUSUF} de {ADAPUN} o {(yang)} epiklêtheis {DIPANGGIL JUGA} barnabas {BARNABAS} apo {OLEH} tôn{(itu)} apostolôn {RASUL-RASUL} o {YANG} estin {BERARTI} methermêneuomenon {BILA DITERJEMAHKAN} uios {ANAK} paraklêseôs {PENGHIBURAN} leuitês {SEORANG LEWI} kuprios {ORANG SIPRUS} tô genei {MENURUT KELAHIRAN}  


BARNABAS, dari kata BAR, yang berarti ‘anak’, dan kata NABAS, mungkin berhubungan dengan kata NEWAHA, Aram, yang berarti ‘perdamaian’ atau ‘penghiburan’.  Lukas tidak bermaksud memberikan etimologi ilmiah, tetapi menunjukkan watak orang itu. Kita menjumpai dia sebagai parekaleidalam Kisah 11:23.  * Kisah 11:23  Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan os {YANG} paragenomenos {TELAH DATANG} kai {DAN} idôn {TELAH MELIHAT} tên charin {ANUGERAH} tou theou {ALLAH} echarê {BERSUKACITA} kai {DAN} parekalei {MENASEHATI} pantas {SEMUA} tê prothesei {(setia)} tês kardias {HATINYA} prosmenein {TETAP} tô kuriô {KEPADA TUHAN} 
Seorang pakar sejarah A Deissmann menyamakan nama itu dengan BARNEBOUS (dari bahasa Aram barnebo, putra Nebo) seperti terdapat pada tulisan-tulisan Siria; Tapi Lukas menyatakan bahwa para rasul-lah yang memberikan julukan itu, dan tidaklah mungkin mereka memberikan nama yang menunjuk kepada dewa kafir.  Barnabas berasal dari keluarga imam Yahudi-Siprus, tapi Yohanes Markus dari Yerusalem adalah kemenakannya (Kolose 4:10), dan dia sendiri adalah anggota dari gereja di Yerusalem, yang menjual miliknya (barangkali di Siprus) untuk menjadi milik umum (Kisah 4:36 dab). Klemen dari Aleksandria menyebut dia seorang dari ke-70 (Hipo 7; Stromateis 2.20, 116). Naskah barat mengenai Kisah 1:23 mensejajarkan dengan Yusuf, calon rasul itu. Tapi kemudian Lukas menulis dalam Kisah 4:14 dan Paulus dalam 1 Korintus 9:6 sesuai isinya) menganggap dia adalah seorang rasul. ‘Orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan Iman’ demikian Lukas menulisnya dalam :  
* Kisah 11:24 karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. oti {SEBAB} ên {IA ADALAH} anêr {ORANG} agathos {BAIK} kai {DAN} plêrês {DIPENUHI} pneumatos {ROH} agiou {KUDUS} kai {DAN} pisteôs {IMAN} kai {MAKA} prosetethê {DIBAWA} ochlos {MASSA} ikanos {LUMAYAN (banyak)} tô kuriô {KEPADA TUHAN}  
Paling kurang pada 4 peristiwa kemurahan hatinya, kebijakan rohaninya, dan kehormatan orang kepadanya berdampak positif : 


 (a) Sewaktu Saulus yang telah bertobat datang ke Yerusalem, tapi orang kristen disana menganggapnya ‘mata-mata’, Barnabas-lah yang memperkenalkan dia kepada ‘tokoh utama’ rasul dan meyakinkan mereka tentang pertobatan dan kesungguhannya :  
* Kisah 9:27 Tetapi Barnabas menerima dia dan membawanya kepada rasul-rasul dan menceriterakan kepada mereka, bagaimana Saulus melihat Tuhan di tengah jalan dan bahwa Tuhan berbicara dengan dia dan bagaimana keberaniannya mengajar di Damsyik dalam nama Yesus.  Bandingkan dengan  * Galatia 1:18 Lalu, tiga tahun kemudian, aku pergi ke Yerusalem untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya  


(b) Barnabas-lah yang mewakili para rasul di Antiokhia pada pertama kalinya orang-orang non-Yahudi dalam jumlah besar menerima Injil; orang-orang dari Siprus juga berperan disitu (Kisah 11:19 dab). Gerakan ini dilihatnya sebagai pekerjaan Allah dan sebagai suasana yang tepat bagi Saulus yang telah dilupakan. Ia mendatangkan Saulus untuk ikut bekerja. Waktu mereka datang di Yerusalem dan membawa bantuan bagi orang yang kelaparan, panggilan mereka untuk mengabarkan Injil kepada non-Yahudi diakui (Galatia 2:9). Tetapi Barnabas tidak mampu menandingi petrus: ia kalah terhadap desakan pen-Yahudi-an: ‘bahkah Barnabas’ tidak mau makan bersama non-Yahudi di Antiokhia (Galatia 2:13)  * Galatia 2:9 Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;  * Galatia 2:13 Dan orang-orang Yahudi yang lain pun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.  


(c) Jasa besar Barnabas yang ke tiga, menunjukkan, bahwa ia dengan segenap hati menerima orang-orang non-Yahudi karena iman kepada Kristus (bandingkan dengan Kisah 13:46). Perjalanannya dengan Paulus (Kisah pasal 13 dan 14) mulai di tempatnya sendiri, Siprus. Ini mendampakkan adanya suatu mata rantai gereja yang kebanyakan jemaatnya adalah non-Yahudi. Mata rantai itu jauh sampai ke Turki, dan menjadi sasaran tantangan yang hebat dari umat Yahudi.  
* Kisah 13:46 Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.  
Bagi gereja dan Barnamas, hal itu adalah langkah penting. Sampai waktu itu ia adalah pemimpin, Paulus muridnya. Urutan yang selalu dipegang oleh Lukas sampai mereka meninggalkan Siprus adalah ‘Barnabas dan Saulus’. Sesudah itu ia biasa mengatakan ‘Paulus dan Barnabas’ (lihat Kisah 13:43, 46,50; Kisah 15:2, dua kali, 22, 35).  (d) Tapi Barnabas mempunyai tugas penting yang lain.
 Setelah ia kembali di Antiokhia, ihwal sunat menjadi masalah yang sangat mendesak. Ia dan Paulus ditugasi untuk mempermasalahkan sunat pada Majelis di Yerusalem. Kebijakan mereka dengan gemilang dibernarkan (Kisah 15:1-29). Menarik sekali bahwa Barnabas mendahului Paulus, baik dalam serita tentang kejadian dan perkembangannya (ayat 12) maupun dalam surat Majelis (ayat 25 bandingkan dengan ayat 22); mungkin kata-kata dari perwakilan rasul yang pertama di Antiokhia, adalah lebih berbobot bagi kebanyakan anggota Majelis. Barnabas mendesak untuk mengikutsertakan Markus, yangs ebelumnya meninggalkan mereka, pada perjalanan kedua yang direncanakan. 
Paulus menolak, dan perjalanan terbagi dua, Barnabas ke Siprus (Kisah 15:26-40).  Kesaksian-kesaksian Paulus kemudian dapat berarti bahwa Markus mendapat manfaat waktu bekerja dibawah kemenakannya. Kerjasama yang erat telah pecah tetapi persahabatannya tidak. ’Kapanpun Paulus menyebut Barnabas, kata-katanya selalu mengandung simpaty dan hormat’. 
Dalam hal azas dan pekerjaan mereka sama, dan kita tidak tahu betapa banyak Paulus menerima dari Barnabas. Waktu surat 1 Korintus ditulis,Barnabas masih hidup, dan ia seperti Paulus; tetapi tidak seperti banyak rekannya mencari nafkahnya sendiri dan tidak minta dari gereja-gereja (1 Korintus 9:6). Sesudah ini hanya ada tradisi-tradisi yang samar-samar yang menghubungkan dia dengan Roma dan Aleksandria.  
Namanya dihubungkan dengan surat yang anonim yang berasal dari Aleksandria, tapi jelas palsu. Surat Ibrani sering disangka dari Barnabas ini, sedikit-sedikitnya sejak zaman tertulianus dan ia dianggap penulis 1 Petrus oleh AC McGiffert (Christianity in the Apostolic Age, 1897 p 593). Namanya muncul dalam daftar martir yang kemudian. Ada pula buku yang disebut Injil Barnabas, adalah dari abad pertengahan (+ antara abad XIII s/d XVI) untuk kepentingan Agama Islam. 



BARNABAS 

Kis 4:36  ~Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.~ 

dalam bahasa inggris, barnabas disebut sebagai son of encouragement, yang artinya jauh lebih besar dari sekedar anak penghiburan. Ia adalah pendorong dan pengobar semangat. dan dalam berbagai bagian dari Kisah Para Rasul, terbukti bahwa Barnabas benar2 pantas menyandang julukannya sebagai pengobar semangat.5 karakteristik dari orang yang memiliki sifat pengobar semangat : 

1. mereka memberi secara sukarela dari harta miliknya (Kis 4:36-37) 
[*]Kis 4:36  ~Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.~ [*]Kis 4:37  ~Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul.~

 Kita bisa memberi semangat hanya dengan kata-kata, tetapi Barnabas melakukan lebih dari itu. Ia melakukan sesuatu yang terukur untuk mendorong dan menyemangati orang lain.

2. mereka menerima orang lain apa adanya (Kis 9:20-27) 
[*]Kis 4:26  ~Setibanya di Yerusalem Saulus mencoba menggabungkan diri kepada murid-murid, tetapi semuanya takut kepadanya, karena mereka tidak dapat percaya, bahwa ia juga seorang murid.~ [*]Kis 4:27  ~Tetapi Barnabas menerima dia dan membawanya kepada rasul-rasul dan menceriterakan kepada mereka, bagaimana Saulus melihat Tuhan di tengah jalan dan bahwa Tuhan berbicara dengan dia dan bagaimana keberaniannya mengajar di Damsyik dalam nama Yesus.~ 

Dalam Kis 9:1-19, diceritakan pertobatan dramatis dari Saulus. Para murid tidak mempercayai pertobatannya (Kis 4:26), tetapi 1 orang menerimanya, Barnabas (Kis 4:27) Barnabas mengambil resiko untuk menerima Saulus ketika semua orang yang lain menolaknya. dan karena Barnabas-lah, Saulus akhirnya diterima oleh para rasul dan murid yang lain 

3. mereka bersukacita melihat kemajuan orang lain (Kis 11:19-23)
 [*]Kis 11:19  ~Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mati. Mereka tersebar sampai ke Fenisia, Siprus dan Antiokhia; namun mereka memberitakan Injil kepada orang Yahudi saja.~ [*]Kis 11:20  ~Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus dan orang Kirene yang tiba di Antiokhia dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil, bahwa Yesus adalah Tuhan.~ [*]Kis 11:21  ~Dan tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan.~ [*]Kis 11:22  ~Maka sampailah kabar tentang mereka itu kepada jemaat di Yerusalem, lalu jemaat itu mengutus Barnabas ke Antiokhia.~ [*]Kis 11:23  ~Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan,~ [*]Kis 11:24  ~karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan.~

Dalam Kisah Rasul 1-10, terlihat bahwa kekristenan hanya disebarkan kepada orang yahudi saja. pada Kisah Rasul 11 lah dicatat bahwa kekristenan mulai disebarkan kepada orang non yahudi. Ketika pimpinan gereja di Yerusalem mendengar kabar tentang jemaat di Antiokhia, mereka mengirim seseorang, yaitu Barnabas (Kis 11:22) Barnabas dicatat sebagai seorang Lewi, ia adalah seorang yahudi, keturunan imam yahudi. kaum yahudi pada saat itu menganggap bahwa keselamatan hanyalah untuk orang yahudi, orang non yahudi tidak pantas diselamatkan dan bahkan tidak pantas untuk menyembah Allah yang sama namun Barnabas tidak melihat dari kacamata sempit tersebut, dicatat bahwa Barnabas bersukacita dan menasihati mereka (Kis 11:23). barnabas bersukacita melihat kasih karunia Tuhan yang dinyatakan kepada orang non yahudi. dan dalam Kisah 11:24, disebutkan kualitas yang dimiliki Barnabas sebagai pengobar semangat : - orang yang baik : moralitas yang baik - penuh dengan Roh Kudus : dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus, dan menghasilkan buah2 roh - penuh dengan iman : percaya akan Tuhan dan setia kepada-Nya 

4. mereka memberi kesempatan orang lain untuk bertumbuh, bahkan bertumbuh melebihi mereka (Kis 11:25-26)
[*]Kis 11:25  ~Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia.~ [*]Kis 11:26  ~Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.~perhatikan bahwa yang dikirim ke antiokhia hanyalah Barnabas, dan ia bisa saja melakukan hal tersebut sendiri. namun ia tahu seseorang yang lebih mampu untuk mengajar jemaat di antiokhia, sehingga ia membawa paulus (Kis 11:25) dan tindakannya untuk membawa Paulus adalah tepat karena jemaat antiokhia berkembang pesat dan dicatat bahwa di Antiokhialah murid2 itu untuk pertama kalinya disebut Kristen (Kis 11:26) Barnabas rindu melihat orang lain bertumbuh (karena itulah ia memberi kesempatan pada Paulus), bahkan walaupun itu berarti bertumbuh melebihi dirinya sendiri. perhatikan bahwa di awal pelayanan, disebutkan susunan mereka adalah Barnabas dan Saulus (Kis 11:30), tetapi kemudian susunan ini telah berubah menjadi Paulus dan Barnabas (Kis 13:42) pengobar semangat yang sejati tidak pernah mencari kemuliaan bagi dirinya sendiri, melainkan mencari kemuliaan hanya bagi Kristus. 

5. mereka memberi kesempatan ke-2, ke-3, dst kepada orang lain (Kis 15:35-41) 

[*]Kis 15:35  ~Paulus dan Barnabas tinggal beberapa lama di Antiokhia. Mereka bersama-sama dengan banyak orang lain mengajar dan memberitakan firman Tuhan.~ [*]Kis 15:36  ~Tetapi beberapa waktu kemudian berkatalah Paulus kepada Barnabas: "Baiklah kita kembali kepada saudara-saudara kita di setiap kota, di mana kita telah memberitakan firman Tuhan, untuk melihat, bagaimana keadaan mereka."~ [*]Kis 15:37  ~Barnabas ingin membawa juga Yohanes yang disebut Markus;~ [*]Kis 15:38  ~tetapi Paulus dengan tegas berkata, bahwa tidak baik membawa serta orang yang telah meninggalkan mereka di Pamfilia dan tidak mau turut bekerja bersama-sama dengan mereka.~ [*]Kis 15:39  ~Hal itu menimbulkan perselisihan yang tajam, sehingga mereka berpisah dan Barnabas membawa Markus juga sertanya berlayar ke Siprus.~ [*]Kis 15:40  ~Tetapi Paulus memilih Silas, dan sesudah diserahkan oleh saudara-saudara itu kepada kasih karunia Tuhan~ 

dicatat sebelumnya dalam kitab Kisah Rasul bahwa Markus bergabung dalam pelayanan pertama mereka tetapi ia meninggalkan pelayanannya di tengah jalan. Ia ditolak sebagai orang yang gagal. Barnabas dan Paulus berbeda pendapat mengenai sikap kepada orang yang 'gagal' ini" Paulus memiliki hati seorang penginjil, baginya pelayanan-lah yang penting, tapi Barnabas memiliki hati seorang gembala, baginya manusia-lah yang penting. ia melihat ada potensi dan nilai baik dalam diri Markus yang gagal ini dan memberikan kesempatan kedua untuknya.

Barnabas memang tidak disebutkan lagi dalam PB, namun tercatat dalam PB, hasil dari pelayanan Barnabas, sang pengobar semangat ini : 1. Petrus menyebutkan Markus dalam 1 Pet 5:13. ia menyebutkan markus sebagai "anakku" 1 Pet 5:13 ~Salam kepada kamu sekalian dari kawanmu yang terpilih yang di Babilon, dan juga dari Markus, anakku.~ 2. Paulus mengakui Markus yang telah ditolaknya sebagai orang yang gagal sebagai rekan sepelayanan yang berharga 2 Tim 4:11 ~Hanya Lukas yang tinggal dengan aku. 

Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku.~ 3. Semangat yang diberikannya pada Paulus telah melahirkan Paulus sebagai salah seorang rasul terbesar 4. Kesempatan ke-2 yang diberikannya kepada Markus telah melahirkan salah seorang penulis injil (Markus yang dahulu dicap gagal inilah yang telah menulis injil Markus) 

Barnabas benar benar bertindak sesuai dengan arti namanya yaitu Anak Penghiburan.  ketika banyak orang menjadi rayap rohani yang melemahkan semangat orang lain, Barnabas menjadi tukang kayu rohani yang memberi semangat dan dorongan bagi orang lain. Banyak orang di luar sana yang membutuhkan kekuatan, membutuhkan kesempatan kedua. Maukah kita bertindak sebagai Barnabas bagi mereka?

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © Inspirasi Hidup. Original Concept and Design by My Blogger Themes | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards