• Lukas 12:8-9 Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah.

  • Sahabat-Ku yang terkasih, Aku mengasihimu (Yohanes 15:9). Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku (Yesaya 43.1). Sebelum Aku menciptakan engkau, Aku telah mengenal engkau. Dan sebelum engkau lahir, Aku telah menguduskan engkau (Yeremia 1:5). Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu (Yohanes 15:16). Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu (Yeremia 31:3). Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia (Yesaya 43:4).

  • MENGENAL FIRMAN TUHAN : Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. ( II Timotius 3:16-17 )

  • Yesus berkata : " Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan babtislah mereka dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Ku-perintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir jaman " ( Mat. 28:19-20 ).

"KEJATUHAN LUCIFER"




1. "SEBELUM MENCIPTAKAN BUMI, TUHAN NGAPAIN???"

Pada waktu sekolah Theology, salah seorang rekan pernah bertanya seperti itu kepada salah satu Guru Besar kami, "Pak, sebelum menciptakan bumi, TUHAN ngapain???". Lalu beliau menjawab dengan santai, "Sebelum TUHAN menciptakan bumi, TUHAN berjalan2 di-sebuah Taman di-Sorga. TUHAN mendekati sebuah pohon, IA mematahkan salah satu rantingnya, menyisik ranting itu sampai menjadi sebuah tongkat kecil, lalu dipukulkan ke-jidatmu!!! BLETAK!!!" Wakakakakak........waktu itu kami tertawa terpingkal2. Kita memang nggak bisa menjangkau pikiran TUHAN ya? Karena............

Yesaya 55:8-9 berkata : "Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Otak kita terbatas, sedangkan TUHAN itu Maha Segalanya. Kita tak mungkin bisa memahaminya secara penuh. Namun Alkitab memberi sedikit gambaran kepada kita. Bahwa sebelum bumi diciptakan, telah ada kehidupan di-Sorga. TUHAN bersama dengan para MalaikatNYA.




2. PARA JENDERAL-JENDRAL SORGAWI

Berlaksa-laksa Malaikat itu dipimpin oleh 3 Malaikat Penghulu. Dalam kitab Talmud Yahudi menyebutkan malah ada 12 penghulu Malaikat. Sedangkan salah satu kitab Apokrip menyebutkan, selain 3 Malaikat Penghulu, ada 1 (satu) lagi Malaikat Penghulu yg berfungsi sebagai Malaikat Penyembuh (Healer Angel), yaitu: RAPHAEL.

Namun Alkitab secara literal hanya menunjukkan 3 (tiga) penghulu Malaikat saja. Nama mereka adalah MICHA-EL (Malaikat Panglima / Archangel), GABRI-EL (Malaikat Pembawa Pesan / Messenger) & LUCI-EL (Malaikat Pemuji / Worshipper). Akhiran EL artinya : Malaikat(Bahasa Ibrani : Malakh, bahasa Arab: Maliq. Ingat Group Band : Maliq & D'Essentials??? hehehe)....




3. LUCI'EL: JENDRAL SORGAWI PALING MEMPESONA & SANGAT DISEGANI

LUCIEL adalah salah satu Malaikat Terindah yg pernah diciptakan TUHAN. Kedudukannya sangat tinggi, setara dengan MICHAEL, bahkan faktanya Malaikat Michael-pun Sungkan kepadanya. Dalam suatu pertengkaran mengenai mayat Musa, Michael tak berani menghardik Lucifer secara langsung. (Baca kitab Yudas 1:9).

Yudas 1:9  Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!" 

Dalam kitab YEHEZKIEL 28:12-19 ada sebuah Nubuat tentang raja Tirus yang dipercaya sebagai gambaran tentang keindahan Luciel.

Yehezkiel 28:12 "Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah.
Yehezkiel 28:13 Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu.
Yehezkiel 28:14 Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya.
Yehezkiel 28:15 Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu.
Yehezkiel 28:16 Dengan dagangmu yang besar engkau penuh dengan kekerasan dan engkau berbuat dosa. Maka Kubuangkan engkau dari gunung Allah dan kerub yang berjaga membinasakan engkau dari tengah batu-batu yang bercahaya.
Yehezkiel 28:17 Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya.
Yehezkiel 28:18 Dengan banyaknya kesalahanmu dan kecurangan dalam dagangmu engkau melanggar kekudusan tempat kudusmu. Maka Aku menyalakan api dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu.
Yehezkiel 28:19 Semua di antara bangsa-bangsa yang mengenal engkau kaget melihat keadaanmu. Akhir hidupmu mendahsyatkan dan lenyap selamanya engkau."


Didalam kitab tsb kita bisa melihat bahwa LUCIEL sangat dihormati kedudukannya oleh para malaikat yang lain. Ia memimpin seluruh malaikat dalam penyembahan kepada TUHAN. Ia diciptakan dengan gambaran sempurna, penuh hikmat & maha indah (Yehezkiel 28:12), sehingga ia begitu mempesona bagi semua malaikat. Ia menempati posisi sangat strategis, karena berada di-gunung kudus ALLAH dekat dengan Malaikat2 Kerubim yang berjaga & berjalan ditengah2 batu2 yang bercahaya (Yehezkiel 28:14).




4. KEJATUHAN SANG JENDRAL BESAR

Ada Tafsiran yg mengemukakan bahwa sejak adanya rencana TUHAN untuk menciptakan Manusia "segambar/secitra" TUHAN maka, mulailah terjadi pergolakan di-Sorga yang dipelopori oleh Penghulu Malaikat Luci-el. Namun Tafsiran tsb masih menjadi perdebatan & bersifat Alegoris,

Alkitab hanya mencatat bahwa saking hebat & mempesonanya, maka Luciel mulai sombong (Yehezkiel 28:17). Dan karena kesombongannya, maka Luciel mulai berulah dan ingin menjadi seperti ALLAH. Dalam kitab Yesaya 14:11-17 ada Nubuatan mengenai raja Babel yang dipercaya adalah gambaran mengenai kejatuhan Luciel.

Yesaya 14:11 Ke dunia orang mati sudah diturunkan kemegahanmu dan bunyi gambus-gambusmu; ulat-ulat dibentangkan sebagai lapik tidurmu, dan cacing-cacing sebagai selimutmu."
Yesaya 14:12 "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!
Yesaya 14:13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
Yesaya 14:14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!
Yesaya 14:15 Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.
Yesaya 14:16 Orang-orang yang melihat engkau akan memperhatikan dan mengamat-amati engkau, katanya: Inikah dia yang telah membuat bumi gemetar, dan yang telah membuat kerajaan-kerajaan bergoncang,
Yesaya 14:17 yang telah membuat dunia seperti padang gurun, dan menghancurkan kota-kotanya, yang tidak melepaskan orang-orangnya yang terkurung pulang ke rumah?




5. UCAPAN2 LUCI'EL YANG SANGAT MENANTANG TUHAN

Dalam kitab Yesaya 14 : 11-16 tsb Luciel berkata :

1. Aku hendak naik ke-Langit. (Naik ke-Tahta ALLAH)
2. Aku hendak mendirikan tahtaku mengatasi (mengalahkan/melawan/menguasai) bintang2 (malaikat2) ALLAH.
3. Aku hendak duduk di-atas bukit pertemuan sebelah utara. (Bukti pertemuan utara ditafsirkan sebagai Tahta Putih Besar atau sidang pengadilan illahi. Nanti saya jelaskan.)
4. Aku hendak naik mengatasi (lebih atas/lebih tinggi) awan-awan.
5. Aku hendak menyamai Yang Maha Tinggi. (menyamai ALLAH)

Hal tsb adalah kesombongan dan hujat besar terhadap kedaulatan ALLAH. Karena Luciel bukan hanya menyerang kedaulatan TUHAN semata, melainkan ia juga menyeret 1/3 malaikat sorgawi untuk turut bersama dalam kejatuhannya. Kitab Wahyu menggambarkan sedikit peristiwa itu

"Dan ekornya menyeret 1/3 sepertiga dari bintang-bintang (malaikat2) di-langit & melemparkannya ke-atas bumi." (Wahyu 12:4)




6. SIDANG SORGAWI ; VONIS TERHADAP PEMBERONTAK BESAR ITU.

Maka TUHAN mulai mengadakan sebuah sidang Illahi untuk menjatuhkan hukuman atas Luciel. Dalam Mazmur 82: 1 gambaran mengenai sidang illahi tsb disampaikan secara eksplisit :

"ALLAH berdiri dalam sidang illahi, diantara para allah IA menghakimi." (Mazmur 82:1)

(Kata: allah; dengan "a" huruf kecil menggambarkan mahluk2 illahi/para malaikat). Akhirnya Vonis itu dijatuhkan kepada iblis dan para pengikutnya :

"AKU telah berfirman : "Kamu adalah allah (mahluk2 illahi/malaikat); dan anak2 Yang Maha Tinggi kamu sekalian. Namun seperti manusia kamu akan mati; dan seperti salah seorang pembesar (Luciel) kamu akan tewas." (Mazmur 82:6-7)




7. KUTUKAN DIJATUHKAN ; KINI IA MENJADI IBLIS.

Sejak Vonis dijatuhkan, maka Luciel menjadi Terkutuk!!! dan namanya berubah dari LUCI-EL (Malaikat Pemuji) menjadi LUCIFER (Iblis/Naga Tua). Dalam Wahyu 12:7-9 kita bisa melihat pertempuran besar2an antara Michael, Malaikat Panglima yang berperang mengusir Lucifer, si-Iblis/Naga tua itu, saat Voniz tsb dijatuhkan dan Lucifer serta para malaikat yang jatuh (Fallen Angels) dilemparkan ke-bumi.

Wahyu 12:7  Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, 
Wahyu 12:8  tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. 
Wahyu 12:9  Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan (*), yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya. 

Wahyu 20:2  ia menangkap naga, si ular tua (Serpent) itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, 



(*) Arti :

Iblis :
διάβολος / diabolos
a traducer; specifically Satan: - false accuser, devil, slanderer.

Satan : 
Σατανᾶς / Satanas
the accuser, that is, the devil: - Satan.

Serpent :
ὄφις / ophis
a snake, figuratively (as a type of sly cunning) an artful malicious person, especially Satan: - serpent.


Beberapa Tafsiran, terutama Roman Catholic percaya bahwa kedudukan Luci-EL kemudian digantikan oleh Penghulu Malaikat pengganti, yakni: Rapha-EL (Healer Angel/Malaikat Penyembuh).





Malaikat2 yang jatuh berada dibawah kendali Iblis, sedangkan Malaikat2 yang Taat berada dibawah kendali Allah & tetap menjalankan tugas keilahhian sebagaimana kodrat mereka sebagai Guardian Angels (Malaikat2 Pengawal) & The Messengers (Pembawa2 Pesan)

Sampai hari ini, para Malaikat masih banyak berinteraksi secara rahasia dengan manusia. Tanpa kita sadari, mereka sebenarnya ada di antara kita & membantu manusia, khususnya orang2 percaya. Kitab Ibrani menjelaskan hal tsb :

Ibrani 13:2  Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat. 





Semoga menjadi bahan pelajaran berarti bagi Anda.

Pax Christi Vobizcum
PST. WENAS


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © Inspirasi Hidup. Original Concept and Design by My Blogger Themes | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards