• Lukas 12:8-9 Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah.

  • Sahabat-Ku yang terkasih, Aku mengasihimu (Yohanes 15:9). Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku (Yesaya 43.1). Sebelum Aku menciptakan engkau, Aku telah mengenal engkau. Dan sebelum engkau lahir, Aku telah menguduskan engkau (Yeremia 1:5). Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu (Yohanes 15:16). Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu (Yeremia 31:3). Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia (Yesaya 43:4).

  • MENGENAL FIRMAN TUHAN : Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. ( II Timotius 3:16-17 )

  • Yesus berkata : " Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan babtislah mereka dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Ku-perintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir jaman " ( Mat. 28:19-20 ).

ORANG-ORANG CELAKA


Dalam satu pasal pendek saja, di kitab Habakuk 2:6-19, ada 5 (lima) kata "CELAKALAH!" Artinya, Firman TUHAN ini harus benar-benar kita perhatikan, harus benar-benar kita cermati untuk menghadapi tahun-tahun ini. Jangan sampai kita menjadi bagian dari jenis-jenis orang yang akan celaka sbb:


1. TERLIBAT HUTANG / MAKAN UANG ORANG



Habakuk 2:6 ~ "...Celakalah orang yang menggaruk bagi dirinya apa yang bukan miliknya-berapa lama lagi? dan yangmemuati dirinya dengan barang gadaian.

2:7 ~ Bukankah akan bangkit dengan sekonyong-konyong mereka yang menggigit engkau, dan akan terjaga mereka yang mengejutkan engkau, sehingga engkau menjadi barang rampasan bagi mereka?


Mereka yang percaya bahwa tanpa hutang bisnis tidak akan maju, akan segera tumbang. Saya percaya bahwa "Cash Holder is the Winner". Mereka yg selalu mencari hutang-hutang baru takkan bisa bertahan menghadapi tahun-tahun mendatang ini. Stop berhutangUbah gaya hidupmu! Hiduplah sesuai kebutuhan, bukan keinginan! Jangan berhutang lagi apapun alasannya! Karena orang yg berhutang adalah budak orang yg menghutanginya! (Amsal 22:7)

Amsal 22:7 ~ Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.

Demikian pula mereka yang MAKAN DUIT ORANG & TUKANG NGEMPLANG UTANG, tidak akan bahagia hidupnya!

Mazmur 37:21 ~ Orang fasik meminjam dan tidak membayar kembali, tetapi orang benar adalah pengasih dan pemurah.


2. BERBISNIS TIDAK HALAL

Habakuk 2:9 ~ Celakalah orang yang mengambil laba yang tidak halal untuk keperluan rumahnya,untuk menempatkan sarangnya di tempat yang tinggi, dengan maksud melepaskan dirinya dari genggaman malapetaka!

Jenis orang ke 2 yang akan celaka ini adalah orang yangberbisnis tidak halal. Mereka yang mencampur beras bagus dengan beras jelek misalnya, mereka yang mengurangi takaran tabung Elpiji (terbukti banyak yang meledak), mereka yang membohongi konsumen, mereka yang menjual barang-barang gelap, mereka yg berbisnis tak halal, dsb akan menerima kutukan itu!

Stop berjualan barang haram! Jangan menipu konsumen lagi! Bisnis Haram, maupun SPANYOL (Separo nyolong) maupun BANYOL (Banyak Nyolong) keliatannya enak tapi uang panas takkan pernah bisa ditabung & konsekuensinya mengerikan.

Bisnis halal sepertinya untung sedikit tapi disertai damai sejahtera & pasti terkumpul baik. (Amsal 15:16-17 & 16:8)

Amsal 16:8 ~ Lebih baik penghasilan sedikit disertai kebenaran, dari pada penghasilan banyak tanpa keadilan.


3. BERTINDAK KEKERASAN / PIDANA


Habakuk 2:12 ~ Celakalah orang yang mendirikan kota di atas darah dan meletakkan dasar benteng di atas ketidakadilan.

Mereka yang terbiasa hidup dengan kekerasan & terlibat tindak-tindak pidana akan merasakan tekanan luar biasa. Jika ingin selamat hidupmu & keluargamu, berhentilah melakukan kekerasan-kekerasan & tindak-tindak pidana itu. Hiduplah dengan teratur & baik.

Misalnya: Saya pernah melayani konseling 3 orang yang kerja sebagai Debt Collector/penagih hutang. Hidupnya benar-benar tidak bahagia. Ada yang istrinya dibawa lari orang, anaknya minggat, orangtuanya sakit pendarahan, dsb.


4. MELAKUKAN MANIPULASI


Habakuk 2:15 ~ Celakalah orang yang memberi minum sesamanya manusia bercampur amarah, bahkan memabukkan dia untuk memandang auratnya.

Orang yang hidup dengan manipulasi, KKN, Tisani (tipu sana sini), mencaplok rezeki orang lain, dsb akan celaka! Bersyukurlah dengan apa yang TUHAN beri, IA sanggup memeliharamu lebih dari cukup!


5. PERCAYA PADA BERHALA

Habakuk 2:19 ~ Celakalah orang yang berkata kepada sepotong kayu: "Terjagalah!" dan kepada sebuah batu bisu: "Bangunlah!" Masakan dia itu mengajar? Memang ia bersalutkan emas dan perak, tetapi roh tidak ada sama sekali di dalamnya.

2:18 ~ Apakah gunanya patung pahatan, yang dipahat oleh pembuatnya? Apakah gunanya patung tuangan, pengajar dusta itu? Karena pembuatnya percaya akan buatannya, padahal berhala-berhala bisu belaka yang dibuatnya.

Mereka yg masih percaya pada patung-patung, dewa-dewa, dukun-dukun & berhala-berhala akan celaka! Kutukan akan menimpa mereka!

Peringatkan saudaramu, temanmu, keluargamu yg masih terlibat dalam berhala-berhala & perdukunan, sebelum mereka dihajar TUHAN. Bimbing mereka bertobat, Bawa mereka kepada TUHAN & ajak ke gereja, sebelum terlambat & murka TUHAN menyala, dan celaka menimpa bisnis, keluarga & kesehatan mereka.



By: Pst Wenas (GEREJA TRINITY - SURABAYA)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © Inspirasi Hidup. Original Concept and Design by My Blogger Themes | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards