• Lukas 12:8-9 Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah.

  • Sahabat-Ku yang terkasih, Aku mengasihimu (Yohanes 15:9). Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku (Yesaya 43.1). Sebelum Aku menciptakan engkau, Aku telah mengenal engkau. Dan sebelum engkau lahir, Aku telah menguduskan engkau (Yeremia 1:5). Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu (Yohanes 15:16). Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu (Yeremia 31:3). Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia (Yesaya 43:4).

  • MENGENAL FIRMAN TUHAN : Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. ( II Timotius 3:16-17 )

  • Yesus berkata : " Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan babtislah mereka dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Ku-perintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir jaman " ( Mat. 28:19-20 ).

NAZARETH: RERUNTUHAN RUMAH PADA MASA YESUS DI TEMUKAN


Hari minggu, beberapa hari sebelum natal. para arkeologi menemukan Rumah yang diperkirakan pada masa kecil Yesus - di kota Nazareth dengan perkakas yang digunakan pada masa Yesus atau masa Perjanjian baru.

Diperkirakan ada sekitar 50 rumah dekat reruntuhan yang ditemukan yang ukurannya 1,6 hektar. Ini menunjukan populasi bangsa yahudi yang ingin berkamuflase dan tersembunyi dari tentara romawi pada masa itu seperti yang dikatakan arkeolog Yardena Alexandre, 
excavations director at the Israel Antiquities Authority.

“Reruntuhan rumah yang dibuat dari tanah liat dan kapur dan bentuknya yang sangat sederhana menunjukan bahwa ”keluarga kelas bawah yahudi’ yang hidup di rumah ini” Alexandre menambahkan. Para arkeolog harus hati – hati mengangkat reruntuhan dinding untuk mencari artifak yang menjelaskan tentang kondisi rumah dan zaman rumah itu sendiri.


Nama Nazareth mempunyai arti tersendiri dalam kekristenan, sebab dipercaya bahwa Yesus menghabiskan masa kanak-kanak dan bertumbuh dewasa di Nazareth, juga tempat dimana maria ibu Yesus mendapat kabar dari Gabriel bahwa Dia akan mengandung anak Allah.



“Ini adalah tempat yang mungkin sangat dikenali Yesus, Yesus muda mungkin bermain-main disekitar rumah yang sudah menjadi reruntuhan ini bersama saudara dan teman-teman sebaya-Nya.” Kata Alexander. Itu adalah alasan yang masuk akal tentu saja.
Dan hal yang menggembirakan sebagai kado natal sebab sangat dekat dengan perayaan natal.
“Manusia mungkin tidak dapat berkata-kata kepadaita tentang zaman lampau, tetapi batu-batu ini berbicara kepada kita” kata 
father jack karam sambil tersenyum ketika ditemui dekat Basilica of the Annunciation, tempat dimana maria bertemu dengan malaikat Gabriel.
Bagaimanapun, Tentara roma tidak terlalu lama berperang di kota Nazareth sebab kota kecil ini tidak terlalu strategis pada masa itu. Tentara roma lebih tertarik ke kota-kota besar pada masa itu.

Alexander juga menambahkan bahwa Gua seperti ini juga ditemukan di galilea di daerah yang dikenal dalam injil yaitu cana (Peristiwa air menjadi anggur), dimana terjadi pertempuran antara Romawi dengan bangsa yahudi.





Arkeolog juga menemukan di galilea kendi dari tanah liat yang sama juga ditemukan di Nazareth ini, yang sering di gunakan bangsa yahudi pada masa itu untuk membawa air, makanan didalamkendi tersebut.
Dengan penemuaan ini membuat kita dapat memperkirakan zaman Yesus, juga zaman akhir Hellenic, awal pemerintahan romawi dari 100 SM sampai dengan 100 M. Kata Alexander.
Tidak ada kendi dari bahan gelas atau bahan mewah hasil import dari luar menunjukan bahwa Keluarga yang hidup di sini adalah keluarga sederhana tetapi dari penemuan ini belum dapat di ketahui apakah keluraga yang mendiami rumah ini adalah pedagang atau petani, atau juga tukang kayu seperti Yusuf, ayah Yesus.

Artifak yang sudah pernah ditemukan di nazareth dari zaman yesus adalah Gua pemakaman, yang letakya di luar dusun atau Desa/kota Nazareth. Jadi penemuan ini sangat menggembirakan, juga menjawab kritikus yang mengatakan bahwa nazareth pada masa Yesus tidak di huni dan tak berpenghuni.
Dengan ditemukan reruntuhan desa di nazareth, kita dapat membayangkan bagaimana sosok Yesus yang tumbuh dewasa dari bayi sampai remaja, membantu ayahnya Yusuf, bermain-main bersama teman-teman. (BTW, kira2 pas remaja Yesus nakal ga ya ???)

“Penemuan dan penggalian pada masa sekarang sangat menggembirakan khususnya untuk orang Kristen, Bagi saya itu adalah hadiah yang besar” kata Karam.
Benar juga, sebab Gereja Kristen kuno Abad ke 3-4 Masehi juga ditemukan di Megiddo secara tidak sengaja saat sebuah penjara di renovasi. 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © Inspirasi Hidup. Original Concept and Design by My Blogger Themes | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards